CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Senin, Oktober 12, 2009

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN RAGI TERHADAP SIKLUS HIDUP Daphnia magna DALAM MEDIUM AIR SUMUR, TANAH DAN LUMUT (KESIMPULAN DAN SARAN)



LAPORAN PROGRAM LATIHAN AKADEMIK


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN



5.1 Kesimpulan

1. Medium air sumur, lumpur dan lumut lebih baik untuk pertumbuhan Daphnia magna dibandingkan dengan medium air sumur, tanah dan lumut dengan penambahan pakan ragi.

2. Siklus hidup Daphnia magna pada medium air sumur, lumpur dan lumut adalah 18,1 hari.

3. Siklus hidup Daphnia magna pada air sumur, lumpur dan lumut dengan penambahan pakan ragi adalah 18.5 hari.

4. Jumlah anakan yang dihasilkan pada air sumur, lumpur dan lumut adalah 2,1 per individu.

5. Jumlah anakan yang dihasilkan pada medium air sumur, lumpur dan lumut dengan penambahan pakan ragi adalah 2,0 per individu.

6. Berdasarkan Analisa Statistika Non Parametrik dengan mengggunakan Uji Wilcoxon diketahui bahwa median waktu siklus hidup dengan perlakuan 1 (medium air sumur, lumpur dan lumut tanpa pemberian pakan ragi) akan lebih cepat dibandingkan dengan median waktu siklus hidup dengan perlakuan 2 (medium air sumur, lumpur dan lumut dengan pemberian pakan ragi)



5.2 Saran

Berdasarkan pengalaman yang didapatkan dalam penelitian ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penelitian selanjutnya, antara lain:

1. Sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pengukuran terhadap berat lumut sebagai variasi faktor lingkungan sehingga jumlahnya sama untuk setiap perlakuan dan dilakukan pengontrolan pertumbuhan lumut.

2. Dilakukan pengukuran terhadap berat lumpur dan menjaga air sumur agar tetap konstan dengan penambahan air per hari karena terjadinya penguapan akibat fruktuasi suhu.

3. Sebaiknya pengukuran terhadap suhu dan pH dilakukan setiap hari agar diperoleh data yang lebih akurat.

4. Dilakukan pengukuran terhadap berat pakan ragi agar jumlah yang diberikan pada Daphnia magna sama.

5. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dilakukan pengkajian terhadap jenis pakan dan jumlah yang sesuai sehingga pertumbuhan dan reproduksi Daphnia magna lebih optimal.





0 comments: